Monday, January 25, 2016

Setting Modem ADSL Eksternal



Setting Modem ADSL Eksternal

Berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk memastikan PC Server terhubung ke

internet :

1) Buka Internet Explorer anda dan ketikan alamat berikut : 192.168.1.1 (biasanya adalah

alamat IP default bagi Modem).

2) Setelah muncul jendela login isikan username: admin Password: admin, atau sesuai

dengan user guide yang terdapat pada saat pembelian Modem.

3) Isikan sesuai dengan yang tertera pada gambar berikut, kecuali user name dan password 
yang masing-masing berbeda sesuai dengan yang didapat dari ISP.

4) Pengisian selanjutnya adalah untuk mengijinkan DHCP Server enable/disable,

sebaiknya dipilih Option Enable agar kita tidak direpotkan dengan urusan menyetel satu

demi satu IP Client. Karena fasilitas ini mempunyai kemampuan untuk mensetting IP

Client secara otomatis.

5) Untuk pengisian Time Zone dilakukan sesuai dengan domisili anda tinggal. Dan untuk

time server settingan yang tertera pada gambar adalah settingan yang saya

rekomendasikan.

6) Jika kita ingin mengganti modem username & password kita dipersilahkan untuk

melalukannya pada option berikut :

7) Status Koneksi kita bisa kita pantau pada tabs status (gambar), sebetulnya alamat IP

kita tertera pada bagian bawah layar. Tidak saya tampilkan dengan alasan keamanan.

8) Setelah semua tersetting dengan baik langkah pengujian yang bisa kita lakukan adalah

dengan membuka Internet Explorer kita, lalu masuk ke salah satu alamat WEB yang

mudah diloading. Contoh : Http://www.google.co.id/ lalu untuk pengetesan kecepatan

bisa dilakukan melalui beberapa situs yang menyediakan layanan pengukuran

Bandwith, contoh: http://www.sijiwae.net/speedtest/ .
Sinkronisasi

Setelah hubungan antara PC server dan koneksi internet dapat berjalan lancar langkah

selanjutnya adalah sinkronisasi. Agar semua komputer dapat tersinkronisasi secara benar,
 berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :

1) Sinkronisasi Nama Komputer / PC dan Nama Work Group dilakukan dengan cara

sebagai berikut :

a. Menampilkan Task Control System
gbr-5.jpg
b. Pada Tab Computer Name klik Change untuk mengubah nama komputer dan

nama WorkGroup. Nama komputer sebaiknya diurutkan sesuai dengan nomor

Clientnya untuk memudahkan kita mengingat masing-masing nama komputer,

nama masing-masing PC tidak boleh sama. Namun untuk nama Workgroup

harus lah dibuat sama untuk semua Client dan juga Server.
gbr-6.jpg
c. Setelah nama PC kita ganti langkah selanjutnya adalah mengganti Network ID

dengan cara mengeklik Tab Network ID pada task Control System tadi.

i. Pada pertanyaan How Do You Use This Computer pilihlah option This Computer is part of 
a business network, kemudian Klik Next.
gbr-7.jpg
ii. Pada Option selanjutnya pilihlah Network without a Domain.
gbr-8.jpg
iii. Selanjutnya isikan nama WorkGroup sesuai dengan nama WorkGorup yang kita isikan 
pada waktu mengganti nama PC pada langkah (b) tadi.
gbr-91.jpg
iv. Selanjutnya Klik Next dan kemudian Finish. Tunggu beberapa saat hingga komputer 
selesai melakukan pergantian Network ID dan lakukan restrat System Operasi / Reboot.
2) Sinkronisasi Waktu / Jam dilakukan dengan menempuh langkah sebagai berikut:

a. Double klik tampilan jam yang ada pada sudut kiri bawah desktop anda.

b. Pilihlah tabs Internet Time => Update Now
gbr-10.jpg
c. Tunggu beberapa saat hingga terdapat statement berikut : The time has ben

succesfully Synchronized.

d. Jika yang tampil adalah statement error, maka ulangi klik Update Now hingga

berhasil menyamakan waktu PC anda dengan server Windows.

e. Jika Update berhasil, namun jam yang ditampilkan tidak sama, maka kesalahan

mungkin terjadi pada Time Zone untuk wilayah WIB wilayah waktunya adalah

GMT + 07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta sedangkan untuk WITA adalah

GMT+08.00 Perth dan WIT dengan GMT + 09.00 Seoul.
gbr-11.jpg
Internet Connection Sharing (ICS)

Sampai dengan tahap ini PC yang terkoneksi keinternet hanyalan PC server saja. Untuk

memberikan akses bagi PC client agar mempunyai akses ke internet kita perlu
 mengaktifkan Internet Connection Sharing yang kita miliki pada PC server. 
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1) Buka Jendela Network Connection yang terdapat pada Control Panel. Lalu klik kanan

pada Koneksi aktif kita ke internet => pilih Properties.
gbr-12.jpg
2) Pada tabs Advanced aktifkan option Allow other network users to connect through this

computer’s Internet Connection.

3) Setelah Koneksi Internet berhasil di sharing maka akan muncul 2 buah macam koneksi. 
Sebaiknya ganti nama masing-masing koneksi tersebut agar mudah membedakan
 antarakoneksi yang terhubung ke Modem dengan Koneksi yang terhubung ke Switch 
dengan cara me-rename masing-masing koneksi tersebut.
gbr-13.jpg
4) Jika kita buka properties pada koneksi yang terhubung ke Switch, pada tabs support

terdapat alamat IP yang akan menjadi default Gateway bagi PC Client yang akan

terhubung melalui PC Server (192.168.0.1).
gbr-14.jpg
Network Setup

Langkah-langkah yang kita lakukan tadi hanyalah untuk memberikan izin bagi PC Client 
agar dapat mengakses Internet. Untuk mengaktifkan Izin tersebut dilakukan dengan
 cara mensetup Network / Jaringan yang kita miliki. Langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut :

1) Buka Network Setup Wizard yang terdapat pada Control Panel. Lalu lakukan langkah

seperti pada gambar. (pastikan Koneksi ke internet dalam keadaan hidup).
gbr-15.jpg
gbr-16.jpg
2) Pada pilihan select a Connection Method pilih yang Connect Directly to the Internet

untuk PC server dan bila melakukan settingan pada PC Client plihlah Option Connect to

the internet through a residental gateway.
gbr-17.jpg
3) Option Berikut meminta kita menentukan koneksi yang mana yang akan kita gunakan

untuk melakukan dial-up ke Internet. Pilihlah koneksi yang tersambung ke Modem.

Pilihan ini tidak ada pada saat kita melakukan setting di PC Client.
gbr-18.jpg
4) Isikan Computer Name sesuai dengan nama yang telah kita berikan tadi, lalu isikan

Computer Description jika anda inginkan (Optional / tidak diisi tidak berpengaruh).
gbr-19.jpg
5) Isi Nama Workgroup sesuai dengan nama yang telah kita tentukan sebelumnya. Perlu

saya ingatkan kembali bahwa nama workgroup sebaiknya sama untuk semua komputer

agar langkah setting lebih mudah.
gbr-20.jpg
6) Pilihlah option Turn On File and Printing Sharing pada task selanjutnya.
gbr-21.jpg
7) Setelah settingan pada jendela log kita anggap benar klik next untuk menjalankan /

Mengaktifkan settingan yang telah kita buat tadi.
gbr-22.jpg
8) Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai menyesuaikan dengan settingan

barunya.
gbr-23.jpg
9) Pilih option just finish wizard, lalu klik Next = > Finish. Biasanya PC akan otomatis

reboot setelah menyelesaikan prosedur tadi.
gbr-24.jpg
gbr-25.jpg
Langkah yang sama kita lakukan pada semua PC Client. Perbedaan cara setting antara PC

Server dan PC Client hanyalah terletak pada point 2 dan point 3.
Setelah menyelesaikan langkah settingan tersebut pada PC Client lakukanlah pengetesan

koneksi dengan cara yang sama dengan PC Server, yaitu mengunjungi alamat situs yang mudah di Loading dan mengetes kecepatan koneksi. Bila koneksi yang ada dirasa terlalu lambat silahkan lakukan pengecekan pada settingan Network tadi apakah ada Option yang salah atau tidak, dan juga lakukan pengecekan pada koneksi perkabelan apakah suda terposisikan dengan baik atau belum.

Sampai dengan langkah ini semua PC Client bisa terhubung dengan bebas ke Internet selama PC Server menghidupkan Koneksinya. Untuk membatasi penggunaan pada PC Client adal beberapa pilihan. Yang pertama adalah membuat list user dari Computer Client, user mana yang mempunyai hak untuk mengakses internet yang mana yang tidak diizinkan untuk mengaksesnya. Settingan tersebut biasanya digunakan di perkantoran. Sedangkan untuk warnet, pembatasan akses biasanya dilakukan dengan menginstalkan program billing pada C Server dan PC Client.
tuk  billing cari ja yg free bnyk kok  jgn pake bajakan kdng sring  ngawur.
smoga bermanfaat dan tolong masukannya  

Artikel Terkait

Setting Modem ADSL Eksternal
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email